Melongok Aktivitas Pemancing di Sinjai. -->

close
Klik 2x untuk menutup(x)
Selamat Datang Daeng Kajang di Kota Makassar

Melongok Aktivitas Pemancing di Sinjai.

Memancing, Sekaligus Nikmati Keindahan Alam.




   Saban hari, menjelang sore di Pelabuhan Larea-rea, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai utara, di sesaki puluhan pengunjung. Mereka dengan segala aktivitasnya pun tumpah ruah, ada yang sedang bercengkrama dengan rekan-rekannya, berenang di sekitar pelabuhan, bahkan ada pula yang sedang serius mengamati kail pancingnya.


   Demikian rutinitas harian  sebagian masyarakat Sinjai. Sekira pukul 16.00 Wita, para warga pun mulai berdatangan di Pelabuhan tersebut.  Pantauan FAJAR, Kamis, 26 Mei, kemarin, aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung pada sore hari, yaitu memancing. Bahkan ada pemancing yang menjadikan  kapal  yang sedang berlabuh di Pelabuhan untuk dijadikan tempat memancing.

   Memancing di Pelabuhan Larea-rea bukanlah aktivitas yang asing bagi sebagian masyarakat Sinjai. Sekira tahun 2002, Pelabuhan Larea-rea sudah di buka untuk umum. Sejak itu pula para pemancing mulai memanfaatkannya sebagai salah satu tempat memancing di Sinjai.


    Awaluddin, salah seorang pemancing, mengatakan, ia kerap datang ke Pelabuhan Larea-rea, tujuannya hanya untuk menyalurkan hobi pancingnya. Kendati pun,ia  kerap tak mendapatkan hasil pancingan. Tapi, hal itu, kata Pegawai Dinas Perhubungan Sinjai ini, tidak menyurutkan semangatnya untuk datang kembali ke lokasi itu.

   "Ada keasyikan tersendiri, jika kita memancing di sini (Pelabuhan Larea-rea,Red),"kata Awal. Selain menyalurkan hobinya, ia pun dapat menikmati keindahan alam di sekitar pelabuhan, seperti gugusan Pulau Sembilan yang tampak  eksotis, saat sore hari. Tak hanya itu, keindahan matahari terbenam pun menjadi daya tarik tersendiri, untuk berkunjung kembali di lokasi tersebut.

 
   Para maniak pancing di Pelabuhan Larea-rea hampir sebagian sudah saling kenal mengenal. Keakraban antar para pemancing itu,terjalin karena mereka pun disatukan dengan hobi yang sama, yaitu memancing.

    Dia berharap, agar ada wadah yang menaungi para maniak pancing di kabupaten tersebut, dan Pemkab Sinjai menjadikan even tahunan yang dikemas dalam lomba mancing. Selain, bisa memancing ia juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar Pelabuhan, seperti hutan mangrove dan gugusan Pulau Sembilan, yang tampak indah jika diamati dari Pelabuhan Larea-rea. Apalagi, katanya, Sinjai terkenal dengan hasil lautnya, terutama ikan